Beranda BERITA TERBARU Wagub Sumbar Secara Resmi Buka TMMD Ke 102 di Pasbar

Wagub Sumbar Secara Resmi Buka TMMD Ke 102 di Pasbar

13
BERBAGI

Pasbar | Mitrapos.com — Wakil Gubernur Sumatera Barat, H. Nasrul Abit membuka secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Jorong Situak Barat Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Selasa (10/7).

TMMD sendiri merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI bersama lembaga sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

H. Nasrul Abit dalam amanatnya pada saat upacara pembukaan TMMD ke-102 di lapangan hijau jorong Situak Barat menyampaikan bahwa TMMD merupakan momentum meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan percepatan pembangunan di daerah 3 T.

“TMMD ke-102 dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia di beberapa daerah. TMMD juga merupakan upaya dari TNI untuk melestarikan kemanunggalan TNI ditengah masyarakat sekaligus dalam rangka percepatan pembangunan di daerah terisolir,” ungkapnya.

Sementara, Dandim 0305 Pasaman, Pri Isdiyanto dalam laporannya menyampaikan bahwa TMMD di jorong Situak Barat akan dilakukan beberapa kegiatan fisik dan non fisik diantaranya, pembukaan akses jalan sepanjang 8 Kilometer, pembangunan Gorong-gorong sebanyak 3 unit dan pembangunan 45 jamban bagi warga kurang mampu. Sedangkan kegiatan non fisik sendiri berupa memberikan penyuluhan kepada masyarakat bekerja sama dengan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar.

“Kita bertekad, TMMD akan dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai dengan yang diharapkan,” ujar Pri.

Dalam kesempatan yang sama, bupati Pasbar, H. Syahiran mengajak kepada segenap masyarakat untuk aktif bergotong royong dalam semua program dan kegiatan TMMD di daerah tersebut.

“Kita yakin dan percaya bahwa pelaksanaan TMMD ke-102 akan memberikan pelajaran berharga tentang betapa pentingnya semangat gotong-royong membangun bangsa. Saya minta semua masyarakat aktif bergotong-royong,” ajaknya.

Dikatakan, TMMD didaerah tersebut juga melibatkan 20 OPD dilingkungan Pemkab Pasbar ditambah dengan instansi vertikal yakni Polres Pasbar, Kejaksaan Negeri dan BNNK Pasbar yang akn berkontribusi dengan melakukan kegiatan lebih kurang 40 kegiatan.

“Semoga TMMD akan membawa perubahan daerah ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Selamat Lubis meminta kepada seluruh unsur yang terlibat dalam TMMD agar memenuhi harapan masyarakat disamping program fisik dan non fisik yang telah digagas oleh pemerintah dan TNI dalam TMMD.

“Selain kegiatan yang sudah ada, kami selaku masyarakat meminta kepada seluruh unsur terkait kegiatan TMMD untuk menambahkan beberapa kegiatan seperti pembangunan pasar tradisional, rehab WC mesjid dan sosialisai bahaya Narkoba kepada masyarakat, kami sangat harapkan hal itu,” pungkas Selamat.

Pembukaan TMMD ke-102 turut dihadiri perwakilan Danrem 032/Wirabraja, Dandim se-Sumbar, kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, Ketua Persit 032/Wirabraja, Forkopimda Pasbar, Para camat dan Muspika kecamatan se-Pasbar dan masyarakat setempat. (Pi)

LEAVE A REPLY