Beranda BERITA TERBARU Rekor, Qantas Grup Cetak Laba 1,6 Miliar Dolar Australia

Rekor, Qantas Grup Cetak Laba 1,6 Miliar Dolar Australia

6
BERBAGI
SYDNEY-mitrapos.com-Qantas Group mengumumkan perolehan laba dasar sebelum pajak sebesar 1,6 miliar dolar Australia (AUD) atau sekitar Rp16,96 triliun untuk tahun keuangan 2018. Capaian tersebut merupakan angka tertinggi bagi maskapai nasional Australia ini.

Kinerja positif itu disebut didukung oleh permintaan yang tinggi pada beberapa pasar utama, serta kinerja unggul dari Qantas dan Jetstar pada ranah domestik, yang turut meningkatkan pendapatan grup secara keseluruhan.

Chief Executive Officer (CEO) Qantas Alan Joyce mengatakan bahwa pencapaian ini mencerminkan pasar yang kuat dan hasil dari kerja keras perusahaan dalam menyempurnakan kegiatan bisnis serta menciptakan nilai jangka panjang untuk pemegang saham.

“Angka ini menunjukkan bahwa perusahaan berhasil pada semua lini bisnis,” kata Joyce dalam siaran pers, Kamis (23/8/2018).

Dia menambahkan, Qantas melihat adanya kesesuaian antara permintaan dari sektor-sektor utama dan kapasitas maskapai yang terus meningkat, yang dinilai sebagai sebuah tanda perkembangan yang baik untuk masa depan.

Joyce menambahkan, Qantas Group berhasil mencetak rekor laba meski harga minyak terus meningkat. Kendati pengeluaran terkait bahan bakar diperkirakan lebih tinggi di tahun 2019, pihaknya yakin perusahaan dapat melampaui tantangan ini dengan baik melalui efisiensi serta program lindung nilai yang telah disiapkan.

Mengenai capaian perusahaan, dia menjelaskan bahwa bisnis penerbangan domestik dari Qantas Group pada periode tersebut mencatatkan laba dasar operasi senilai AUD1,1 miliar, naik 25% dari tahun keuangan 2017. Lini domestik Qantas mencetak peningkatan laba sebesar 19% dari peningkatan pendapatan sebesar 6%.

Keberhasilan ini diklaim dapat tercapai berkat kombinasi antara jaringan penerbangan Qantas dan Jetstar, penjadwalan yang tepat, serta penawaran produk yang kuat di pasar-pasar utama.

Sementara, Qantas International meningkatkan pendapatan sebesar 7% menjadi AUD399 juta serta mempertahankan keuntungan di tengah persaingan yang kuat dan kenaikan harga bahan bakar.

Seluruh maskapai dalam Jetstar Group di Asia mencetak laba dan terus memperkukuh kedudukan Qantas Group di pasar-pasar utama yang sedang berkembang.

Sementara itu, lini kargo Qantas Freight juga mencetak kinerja yang memuaskan, dengan pasar internasional yang makin kuat dan pasar domestik makin stabil.

(fjo)

LEAVE A REPLY