Beranda BERITA TERBARU Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Lantik, Alwis Jadi Pjs Walikota Padang

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Lantik, Alwis Jadi Pjs Walikota Padang

11
BERBAGI

Padang Mitrapos-Gubernur Sumatera Barat Prof Dr H. Irwan Prayitno, secara resmi melantik tiga Pejabat Sementara (Pjs) Walikota di tiga daerah kota yang ada di Sumatera Barat.
Agar dapat menjalankan amanat Undang – undang dan menjalankan roda pemerintahan. Alwis yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumbar mendapat kepercayaan dari Menteri Dalam Negeri dan Provinsi Sumbar untuk menjadi Pjs Walikota Padang di pusat ibukota Sumatera Barat. Akan bertugas mulai Kamis besok, dan berakhir lebih kurang lima bulan mendatang

Pelantikan Alwis menjadi Pjs di Kota Padang dilakukan karena Kota padang tengah menggelar Pilkada, sedangkan kepala daerahnya, Wako dan Wawako nya kembali ikut sebagai calon walikota pada Pilkada 2018.

Kemudian Pjs Wali Kota Padangpanjang diamanahkan pada Irwan, yang saat ini tercatat sebagai Kepala Biro Organisasi Sumbar. Untuk Pjs Wali Kota Sawahlunto dipercayakan pada Abdul Gafar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Sumbar

Dalam kata sambutan Irwan Prayitno menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral dalam ‘Alek’ Pemilihan Kepala Daerah Pilkada 2018.

Hal ini ditegaskan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat melantik Pejabat Sementara (PJS) walikota yang akan bertugas di tiga daerah.Penegasan yang disampaikan oleh orang nomor satu di Sumatera Barat ini, lebih ditekankannya kepada Pjs Walikota.

Dalam amanatnya, Gubernur Irwan Prayitno berpesan, bahwa tugas pokok Pjs kepala daerah ini adalah menjamin pelaksanaan pemerintahan, memfasilitasi terselenggaranya Pilkada yang aman dan sukses, serta menjamin netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam Pikada 2018 ini.

Tiga tugas pokok tersebut harus dilaksanakan dengan baik. Gubernur yakin, pejabat yang ditunjuk menjadi Pjs kepala daerah ini memiliki kemampuan dan kapasitas untuk menjalankan tiga tugas mulia yang dibebankan kepadanya.

Karena Undang – undang telah mengatur ASN wajib netral. Mereka memang punya hak pilih, tapi tak boleh ikut mendukung atau kampanye. Apalagi di lingkungan pemerintahan. Kalau ada, Pjs harus memberikan peringatan,”kata Irwan Prayitno di Auditorium Gubernuran, Padang, Rabu 14 Februari 2018.

Ia juga ingin memastikan Pilkada 2018 di Sumbar berjalan aman, tertib dan bebas konflik. Diminta kepada Pjs untuk juga fokus dalam penyelenggaraan pemerintah dan layanan publik.

“Meski Pjs, layanan publik tak boleh terabaikan. Kalau bisa lebih bagus. Apalagi Kewenangan Pjs dalam penyelengaraan layanan tidak berbeda dengan wali kota definitif,” pintanya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit disela-sela suasana pengukuhan Pjs Walikota oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Mengucapkan selamat bertugas kepada Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang Drs Alwis, Pjs Walikota Sawahlunto Abdul Gafar,SE.MM dan Pjs Walikota Padang Panjang Irwan S.Sos MM, jalankan amanah tugas dengan baik, sukseskan pemilihan Kepala Daerah di tempat tugas masing-Masing dengan damai dan berdunsanak.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, kita berharap pelaksanaan Pilkada di 4 Kota ( Pariaman, Sawahlunto, Padang dan Padang Panjang berjalan dengan baik, aman dan terjauh dari konflik ditengah-tengah masyarakat, sehingga sportifitas, rasa kekeluargaan berdemokrasi dapat tumbuh dalam memajukan pembangunan daerah, sebut Wagub.

Lakukanlah koordinasi yang baik dengan semua elemen daerah dalam sehingga menumbuhkan kondisi yang kondusif, aman dan tertib dimasing-masing daerah.

Jika ada hal-hal persoalan yang krusial segera laporkan, sehingga bisa kita atasi bersama-sama dengan Gubernur dan forum koordinasi pimpinan daerah, ajak Nasrul Abit sambil tersenyum.

Tugas berat PJS Walikota yang baru di lantik Gubernur yaitu sukses kan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada di daerah masing-masing. Bila Elatan rangkaian Pilkada sukses tanpa ada cela selama menjadi Pjs, ini sebuah yang luar biasa dan juga sebuah prestasi, sebab kepercayaan masyarakat saat itu berada di tangan Pjs Walikota, papar Nasrul Abis.

Maka dari itu, para Pjs Walikota harus cepat menempatkan diri disegala lampiran masyarakat, tunjukan kinerja yang dapat memberikan pelayanan yang di butuhkan orang banyak.”tutur Nasrul Abit. (ard)

LEAVE A REPLY