Beranda BERITA TERBARU BPBD Kobar: Antisipasi Musim Kemarau Panjang Pada Juli-September 2018

BPBD Kobar: Antisipasi Musim Kemarau Panjang Pada Juli-September 2018

3
BERBAGI
KOTAWARINGIN BARAT-MP-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng mulai melakukan kesiapsiagaan memasuki datangnya musim Kemarau yang diprediksi terjadi pada Agustus dan September 2018. Kesiapsiagaan bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya  kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, Hermon F Lion mengatakan, musim kemarau tahun ini diprediksi terjadi pada Juli, sementara puncak kemarau padaAgustus dan September. “Juli-September itu diprediksi terjadi musim kemarau. Kadi kita mulai melakukan antisipasi sejak dini,” ujar Hermon di kantornya, Senin (9/7/2018).

Hermon mengatakan, BPBD sesuai dengan instruksi Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat, Nurhidayah selalu siaga dalam menghadapi bencana, kesiapsiagaan paling cepat mulai terhitung 1Juli 2018.

Selain mewaspadai terjadinya Karhutla, seperti diketahui Kobar saat  ini juga sekaligus menghadapi cuaca ekstrim, sehingga BPBD mewaspadai beberapa titik yang menjadi kawasan rentan banjir, seperti di Desa Pangkalan Banteng, Pangkalan Lada serta di beberapa desa di Kecamatan Arut Utara (Aruta).

”Sementara wilayah yang lain harus kita antisipasi agar tidak terjadi banjir bandang seperti tahun yang lalu, yang pasti mohon informasi, ketika ada firasat atau sebelum bencana cepat diinformasikan.” terangnya.

Dia berharap kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrim walaupun saat ini masuk musim kemarau namun curah hujan masih tinggi sehingga masyarakat agar tetap waspada karena bencana bisa datang dengan tiba tiba.

(pur)
sindonews

LEAVE A REPLY