Beranda BERITA TERBARU PELANTIKAN SMSI SUMBAR DAN SEMINAR GERAKAN NASIONAL TRANSAKSI NON TUNAI

PELANTIKAN SMSI SUMBAR DAN SEMINAR GERAKAN NASIONAL TRANSAKSI NON TUNAI

19
BERBAGI

 

PADANG-Terasfakta.com- Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Teguh Santosa menegaskan, lembaga ini didirikan untuk membantu pemilik “Media Siber, agar jadi profesional baik dari sisi keredaksian maupun usaha. Sehingga, media siber itu bisa berkontribusi membangun bangsa ini dengan keberadaban tinggi sekaligus jadi tempat pekerja pers menyandarkan hidupnya.

Dewan Pers mencatat, ada lebih dari 43 ribu media siber di Indonesia, yang sebagian besar,(Mohon Maaf ) itu abal-abal, saat didirikan Perusahaan Pers tanpa mematuhi kode etik serta standar industri pers lainnya,” ungkap Teguh Santosa, saat melantik Pengurus SMSI Sumbar di Hotel Pangeran Kota Padang Kamis (23/11/2017).

Syahrial Aziz “Ketua SMSI Sumbar  yang baru dilantik siang tadi adalah pemilik (Tabloidbijak.com), sedangkan  Novermal Yuska Sekretaris SMSI Sumbar juga pemilik (media Jurnalsumbar.com) sementara  Bendahara di percayakan kepada Tafrizal Chaniago, pemilik (Impiannews.com).

Untuk melengkapi  pengurus SMSI Sumbar” Syahrial juga sudah menunjuk 5 (lima) orang yang akan menjabat sebagai Ketua Bidang,satu orang wakil , satu orang wakil sekretaris dan juga wakil bendahara, ditambah 7 orang  Seksi”ungkapnya.

Disampaikan “Teguh  bahwa pelantikan  SMSI Sumbar ini adalah yang ke empat, karna SMSI sudah ada di 27 Propinsi di seluruh Indonesia yang anggota nya berjumlah sekitar 1000(seribu) media siber.

Harapan” Teguh  kepada seluruh pengurus SMSI seluruh Indonesia meskipun kita terdiri dari bermacam ragam Profile Perusahaan Pers yang tergabung di dalamnya, namun kita harus satu niat untuk menjadi Profesional tetapi bukan hanya di mulut saja, karna kita harus merujuk kepada aturan Dewan Pers” terang Teguh.

Aturan Dewan Pers kepada  seluruh  perusahaan pers wajib  berbadan hukum, penanggung  jawab di ruang redaksi harus berkompetensi utama( ukw), lokasi usaha harus jelas alamat nya,serta penghormatan pada pedoman penyiaran Media Siber dan lainnya.

SMSI Sumbar  harus membantu budaya bisnis media siber, budaya di ruang redaksi dan lainnya, karena kita harus terus berlomba menjaga Profesional Media Siber  dengan media abal-abal yang ada, guna untuk menjaga kepercayaan masyarakat,” tegas” Teguh mengingatkan jajaran SMSI Sumbar.

Teguh sampaikan pengalamannya  hasil pertemuan  dengan organisasi media sedunia di Seoul Korea Selatan baru baru ini”Teguh menjelaskan bahwa ada 3 (tiga poin) penting  yang di bahas saat pertemuan tersebut antaranya yakni  bergesernya Flatform Media dari Komvensional (kertas) ke Media Siber.

Pergeseran Flatform  Media yang sangat signifikan ini,  membuat kegagapan para pelaku usaha media”Ungkap Teguh.

Dipertemuan itu juga merumuskan bahwa Inovasi lah jadi kata kunci keberlangsungan hidup media di era teknologi informasi, kemudian terjadinya penurunan kepercayaan publik terhadap karya jurnalistik.

Fenomena penurunan kepercayaan publik ini terjadi  tak hanya di Indonesia namun di beberapa Negara lain” terang Teguh.

Karya jurnalistik yang dikerjakan dengan standar etika dan disiplin ketat lainnya, ternyata tidak lagi dipercaya publik di tengah gempuran berita hoax yang tersebar secara massif melalui platform media sosial,” tambahnya.

Dalam sambutan nya Ketua SMSI Sumbar” Syahrial Aziz menyampaikan bahwasannya  kita akan menampung semua masukan, saran serta kritikan, dari semua elemen masyarakat sumbar.

Hal senada juga di sampaikan Syahrial ” bahwa SMSI ini adalah wadah berbadan Hukum tempat bagi seluruh pemilik Media Siber Sumbar yang tentunya kita semua  bertekad membangun Pers yang bermatabat di mata masyarakat Ranah Minang” terangnya.

Di sisi lain perihal terlaksana nya acara Pelantikan dan pengukukuhan pengurus SMSI Sumbar dan seminar  Gerakan Nasional Transaksi Non Tunai ini, berkat dukungan penuh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama dengan sumbangan lain nya, PT Semen Padang,Bank Nagari,PDAM serta Pemprov Sumbar ujar” Ketua Pelaksana” Aguswanto.

Selain tempat berhimpun nya pemilik Media Siber , SMSI Sumbar ini juga tempat melaksanakan bisnis di bidang Informasi, minimal kerja sama dengan BRI dengan anggota dan pengurus SMSI Sumbar,ada peluang yang bisa kita dapatkan seperti Kartu Brizzi yaitu Krtu Non Tunai dari BRI” Ungkap nya.

(jovi-ht)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY